Perkembangan Kubah Masjid

Perkembangan Kubah Masjid dari zaman ke zaman mengalami perubahan yang signifikan.   Masjid adalah tempat melaksanakan ibadah untuk kaum muslim, serta umumnya masjid itu ada yang menggunakan penambahan arsitektur yaitu kubah masjid. Namun tidak semuanya bangunan masjid menggunakan kubah, namun terdapat banyak masjid di indonesia bahkan juga dunia tidak menggunakan kubah.

Namun dengan bangunan masjid yg tidak menggunakan kubah juga tidak jadi masalah karena yang paling penting yaitu bangunan masjid itu digunakan untuk umat islam lakukan beribadah sholat. Untuk bangunan masjid yang menggunakan kubah masjid tentunya layanan kontraktor kubah masjid juga diperlukan serta tentunya peran pembuat kubah masjid sangat dibutuhkan juga.

Pada sekarang ini kita tidaklah perlu bingung bingung untuk beli kubah masjid karena orang yang jual kubah masjid sekarang ini juga telah ada di beberapa daerah. Terlebih sekarang ini teknologi telah makin modern jadi ada pula penjual kubah masjid dengan cara on-line juga.

Sejarah Kubah Masjid

Menurut sejarah, kubah sesungguhnya bukanlah murni datang dari kebudayaan muslim, tetapi kubah pada jaman dulu dipakai jadi dekorasi eksterior bangunan bergedung. Kubah masjid telah dikenal mulai sejak 6000 th. waktu lalu, diluar itu kubah masjid juga diprediksikan telah dikenal mulai sejak pada zaman roma yaitu kurang lebih 100 th.  waktu lalu. Tanda kalau kubah masjid telah dikenal tampak dari sisa satu bangunan yang telah kuno yaitu berbentuk kuil yang menggunakan penambahan arsitektur bangunan kubah. Kubah masjid mulai digunakan oleh penambahan arsitektur bangunan masjid berawal saat bangunan masjid yang bernama Dome Of The Rock atau dimaksud kubah batu ini menggunakan kubah pada atap bangunannya.

Bentuk Kubah Masjid

Dengan begitu kubah mulai digunakan untuk bangunan masjid serta memiliki bentuk yang bermacam jenis. Berikut bentuk kubah masjid yang dipakai pada bangunan masjid :

  1. Kubah masjid 1/2 Lingkaran

Kubah masjid yang berbentuk 1/2 lingkaran ini telah cukup banyak dipakai, Satu diantaranya masjid yang memakai kubah berupa 1/2 lingkaran yaitu Masjid Umar yang ada di Yerusalem yang umum dimaksud juga dengan kubah batu (dome of the rock).

Diluar itu ada pula masjid Istiqlal yang memakai bentuk 1/2 lingkaran pada kubahnya. Bukan sekedar masjid ini saja namun juga masih ada masjid masjid yang lain yang memakai bentuk kubah ini.

  1. Kubah masjid Bentuk Oval

Kubah masjid bentuk oval atau lonjong ini sama dengan telur, serta umumnya sisi bawahnya dimodifikasi supaya tampak unik. Satu diantaranya Masjid yang memakai bentuk kubah ini yaitu masjid agung yang ada di tuban.

  1. Kubah masjid Bentuk Bawang

Bentuk kubah masjid ini memanglah sama dengan bentuk bawang dengan sisi bawah yang besar serta di sisi atasnya mengerucut sama dengan bentuk bawang, satu diantara kubah masjid yang menggunakan bentuk ini yaitu masjid raya baiturrahman yang berada di Aceh dan ada masjid masjid yang lain.

Tiap-tiap bangunan masjid yang menggunakan kubah masjid pasti mempunyai fungsi, fungsinya yaitu untuk sinyal atau tanda keberadaan dari masjid itu, namun walau tak ada kubahnya namun dapat juga ditemukan karena di dekat masjid ini tentu ada tanda lain seperti palang yang mengisyaratkan keberadaan masjid tersebut. Diluar itu peranan kubah masjid ini yaitu untuk pemberi tanda arah kiblat.

Selain itu bahan untuk membuat kubah masjid ini juga beragam ada kubah masjid yang berbahan enamel, GRC, stainless serta ada banyak macam bahan pembuat kubah masjid lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *