Pembuat Kubah Masjid GRC

Kubah masjid merupakan arsitektur tambahan pada bangunan masjid yang berada di bagian puncak bangunan masjid. Namun tidak semua masjid memakai kubah namun ada juga yang tidak memakai kubah. Untuk masjid yang memakai kubah masjid pastinya peranan kontraktor kubah masjid juga diperlukan. Selain itu juga perlu bahan yang digunakan untuk membuat kubah, saat ini bahan terbaru juga telah ada seperti halnya pembuat kubah masjid Grc ini yang juga sudah populer.

Kubah Masjid Bahan GRC

GRC merupakan singkatan dari Glassfiber Reinforced Concrete, bahan GRC ini adalah bahan untuk membuat kubah masjid dari beton yang sudah memiliki campuran dari serat fiberglass dan juga ada bahan penguat lainnya.  Selain itu harga kubah masjid grc ini juga sesuai dengan kualitas yang diberikan pada kubah grc ini. Kubah Masjid Bahan GRC ini memiliki kelebihan, yaitu :

  • Mudah untuk diterapkan pada sebuah desain yang rumit sekalipun
  • Memiliki  berat yang lumayan enteng, sehingga dengan ini tidak diperlukan lagi dana untuk membangun pondasi dan juga susunan lainnya.
  • Memiliki bentuk yang tidak begitu tebal, sehingga pemasangannya tidak terlalu merepotkan.
  • Tahan terhadap karatan dan juga tahan dengan api
  • Anti rayap serta jamur sehingga tidak terlalu sering untuk dibersihkan.
  • Selain kelebihan Kubah Masjid Bahan GRC ini juga memiliki kekurangan, yaitu :
  • Tidak begitu tahan lama
  • Tidak dapat bertahan ketika ada guncangan gempa bumi
  • proses pembuatannya yang cukup lama karena butuh waktu untuk kering dengan baik

Kubah Masjid Bahan enamel

Selain Kubah Masjid Bahan GRC ada juga bahan enamel, Kubah Masjid Bahan enamel ini merupakan bahan kubah masjid yang terbuat dari plat baja yang mempunyai komposisi karbon yang rendah. Selain itu Kubah Masjid Bahan enamel ini juga dilengkapi dengan porselen  yang berguna untuk tidak terjadi korosi. Kubah Masjid Bahan enamel ini juga terbilang ringan namun meskipun ringan tetapi juga kuat.

Kubah panel adalah salah satunya bahan alternatif untuk pembuatan kubahyang bisa dibilang lagi tren, kubah panel ini ada yang memiliki bentuk kotak dan juga belah ketupat yang menyusun pada bangunan kubah. Selain itu kubah panel ini juga mempunyai paduan motif warna yang cukup atraktif sehingga dapat menambah nilai estetik dari bangunan kubah itu sendiri pastinya.

Bahan dasar untuk membuat kubah panel ini terdapat dua macam yang pertama yakni plat zincalume atau ada yang menyebutkan galvalum sedangkan yang kedua yakni plat baja low carbon yang memiliki lapisan enamel sehingga dengan begitu kebanyakan orang menyebutnya dengan kubah enamel. Zincalume atau galvalum ini adalah logam campuran dari seng dan juga alumunium yang memiliki bobot ringan dan juga tahan terhadap karat, sedangkan enamel merupakan bahan kubah yang terbuat dari paduan kaca yang dileburkan pada oven dengan memastikan temperaturnya selalu tinggi, dan setelah itu dilakukan penguraian hingga menyatu dan menjadi lebih keras.

Bahan kubah enamel ini memiliki beberapa kelebihan seperti :

  • Bahan ini memiliki beban yang ringan sehingga untuk pemasangannya tidak perlu memakai pondasi yang ekstra kuat.
  • Apabila terjadi gempa bumi resiko yang ditimbulkan juga tidak begitu parah atau bisa dibilang resikonya kecil.
  • Apabila sedang hujan lebat potensi untuk terjadi rembes atau bocor juka kecil
  • Warna yang dihasilkan dari kubah enamel ini lebih tajam dan juga variatif serta pastinya bisa bertahan lebih lama.
  • harga jualnya yang terjangkau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *