MASJID AGUNG SUNDA KELAPA

MASJID AGUNG SUNDA KELAPA

 

Masjid yang berlokasi di jl. Taman sunda kelapa no. 16, menteng , Jakarta pusat. Jika kita mengetahui sebuah kata elit tentunya adalah kawasan kawasan orang orang kaya,  di kawasan tersebut terdapat sebuah masjid yang bernama masjid agung sunda kelapa, yang di mana masjid tersebut adalah masjid terbesar di kawasan elit menteng, Jakarta pusat.

Sekilas mengenai masjid agung sunda kelapa, masjid sunda kelapa merupakan masjid yang pertama dibangun di daerah menteng yang memiliki perpaduan banyak fungsi fungsi  sebagai  tempat beribadah,  sebagai tempat  pendidikan, sebagai tempat social, sebagai tempat perekonomian, dan masih banyak yang lain lainnya.

Masjid sunda kelapa  memiliki ukuran yang tidak sangat sangat besar , masjid sunda kelapa telah di dirikan pada tahun 1960 dengan memiliki gagasan yang bersumber dari Ir. Gustaf Abbas, dengan gagasan gagasan tersebut telah di dukung oleh para jendral jendral yang tinggal di daerah menteng dengan juga telah memberikan berbagai macam sumbangan sumbangan dana untuk menyelesaikan masjdi yang sedang di bangun tersebut.

Pada saat pembangunan sudah mencapai  9 tahun lamanya juga tak kunjung selesai yang di karenakan juga terkendala dengan berbagai macam masalah, dan akhirnya juga pemerintahan dki Jakarta yang pada saat itu dengan masa gubernur ali sadikin (alm) yang merasa harus membantu  dalam penyelesaian  masa pembangunan pembangunan masjid dan pada akhirnya secara keseluruhan pembangunan masjid telah selesai  di kerjakan pada tahun 1970 dan juga telah di resmikan pada tanggal 31 maret pada tahun 1971 dan secara langsung peresmian masjid sunda kelapa di lakukan sendiri oleh ali sadikin yang selaku gubernur dki Jakarta pada masa itu dengan bersama sama dengan  para jajaran jajaran dan juga para petinggi di Jakarta.

Telah selesai  dalam masa pembangunan masjid sunda kelapa dengan secara tidak langsung  juga di bangun sebuah serambi Jakarta, yang merupakan bangunan bangunan  serambi yang layaknya sama seperti serambi serambi yang terletak di masjid masjid besar lainnya, pembangunan pembangunan serambi telah selesai dan juga yang di resmikan juga pada tanggal 14 maret pada tahun 2002 yang di resmikan oleh H. sjaiful hamid yang beliau merupakan ketua umum masjid agung sunda kelapa.

Beberapa fasilitas fasilitas yang sudah di sediakan seperti ruang utama untuk melaksanakan ibadah yang juga dilengkapi oleh penyejuk udara, serambi Jakarta, dan juga aula sakinah. Dan terdapat juga  beberapa fasilitas fasilitas yang bisa di gunakan untuk umum seperti gedung fatahillah, rumah sehat dan  juga toko koperasi.

Masjid yang terkenal modern, yang tepatnya di ruang  sholat utama masjid yang juga telah di lengkapi dengan dua layar lebar  yang telah memperlihatkan  bacaan bacaan ayat ayat suci al-qur’an atau juga yang biasanya di gunakan sebagai memonitor aktifitas aktifitas di ruang ibadah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *