Kubah Masjid Zagan Pasha

Kubah Masjid Zagan Pasha atau dalam bahasa turki dikenal sebagai zagnospasa camii ini merupakan masjid yang memiliki sejarah dan terbesar di balikesir.  Nama dari Masjid Zagan Pasha ini berasal dari nama seorang yang membuat nama masjid ini pertama kali yaitu zagan pasha, beliau merupakan tokoh yang penting karena telah menaklukkan konstantinopel.

SEJARAH KUBAH MASJID ZAGAN PASHA

Zagan Pasha ini juga pernah menjabat sebagai seorang panglima tertinggi tentara dan sekaligus juga pernah menjabat sebagai pejabat tinggi yang pada saat itu disebut Grand Vizer. Selain itu beliau juga pernah menjabat sebagai gubernur. Masjid Zagan Pasha ini telah dikenal sebagai masjid tempat mustafa kemal untuk menyampaikan khutbah khutbahnya pada tahun 1923.

Zagan Pasha ini juga merupakan tokoh sentral dalam suatu keberhasilan dari muhammad al – fatih. Dalam penaklukan konstantinopel ini pasukan dari zagan pasha pertama kalinya yang menerobos tembok benteng  konstantinopel. Anggota dari zagan pasha ini juga merupakan pasukan utsmaniyah yang telah berhasil sampai di menara pengawas di benteng konstantinopel.

Zagan Pasha ini bukan hanya menjadi panglima tertinggi saja namun juga merupakan menjadi seorang penasihat, mentor , tutor, konselor dan juga pelindung sultan. Di Balikesir, zagan pasha telah menghabiskan masa tuanya bersama keluarganya, dan membangun masjid di sana dan setelah wafat pun beliau dimakamkan di pekarangan masjid ini dan anggota keluarganya pun juga dimakamkan di sini.

Pada tahun 1897 masjid dan juga makamnya sempat mengalami kerusakan parah dan kemudian diperbaiki pada tahun 1908 oleh gubernur omer ali bey. Selain di sini terdapat komplek pemakaman namun ada juga pemandian khas turkinya juga.

Arsitektur Masjid Zagan Pasha

Bangunan  Arsitektur Masjid Zagan Pasha ini dibangun dengan gaya masjid masjid usmaniyah. Masjid ini berbentuk segi empat dengan memakai seni pertukangan batu ashlar yang merupakan seni pengolahan batu alam. Bangunan dari Masjid Zagan Pasha ini dilengkapi oleh bangunan kubah utama yang dikelilingi oleh empat kubah samping. Untuk akses ke dalam masjid ini dapat melalui pintu di sisi utara, timur dan juga barat. Dan untuk sisi selatan masjid ini merupakan tempat kiblat, mihrab dan juga mimbar masjid.

Di bagian depan pintu masjid ini dilengkapi oleh tiga beranda tertutup dengan jendela dan juga pintu kaca yang beratap joglo. Bangunan dari Masjid Zagan Pasha ini dilengkapi dengan sebuah menara tinggi dan juga lancip yang berada di sudut barat laut. Bangunan menara ini merupakan sumbangan dari haci hafiz efendi yang merupakan seorang anggota keluarga yang terhormat di kota balikesir.

Selain itu di bagian pelataran dari Masjid Zagan Pasha ini ada dua bangunan untuk tempat wudhu berupa gazebo yang beratap kubah yang biasa disebut dengan shardivans dan makam. Di luar pelataran masjid ini tepatnya di sudut barat laut ada Shadirvan ketiga yang merupakan bangunan untuk makam zakan pasha. Disekitar makam zagan pasha ada juga makam dari anggota keluarganya yang terawat dengan baik.

Salah satu hal yang paling unik di Masjid Zagan Pasha ini yaitu adanya jama matahari yang berupa meja yang diletakkan di sebuah kolom yang memiliki ukuran pendek di sudut selatan pelataran masjid. Dan jarum petunjuknya telah dilindungi oleh kotak kaca. Namun pada saat ini jam tersebut sudah tidak dipakai lagi, namun masih terawat dengan baik sebagai warisan bersejarah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *