KUBAH MASJID YOGYAKARTA

 

Beragam cara yang di lakukan untuk membuat para jamaah terasa nyaman pada saat melaksanakan ibadah di dalam masjid. Dan juga untuk meningkatkan sebuah kesadaran setipa individu mengenai tempat ibadah yang memadai. Dari beberapa cara banyak tersedia beberapa cara yang dapat dilakukan yang dapat di mulai dari merenofasi bagian bagian yang perlu di renofasi, menambah bagian bagian ruangan yang kosong untuk sarana tempat majlis. Sehingga hal hal yang baru di buat agar dapat meningaktkan kualitas sarana beribadah.

Kubah adalah salah satu ornamen dari bagian bagian masjid dan tak bisa di pisahkan dari sebuah banggunan masjid. Dari beberapa ragam jenis bahan kubah masjid yang banyak di ciptakan sebagai daya saing dan sebuah inovasi yang dapat dilihat dari segi gambaran arsitektur. Untuk saat ini sebagian dari kubah masjid yan sedang trending di beberapa wilayah adalah kubah masjid yang terbuat dari bahan aluminium yang di sesuaikan dengan kondisi dan harga kubah masjid aluminium tersebut.

Dari beberapa kubah, kubah aluminium atau yang bisa di sebut kubah kaca patri adalah inovasi terbaru dari beberapa kubah masjid yang ada. Faktor faktor yang dapat mempengaruhi harga dari kubah masjid aluminium adalah kualitas dari bahan yang digunakan. Dan juga harga kubah masjid dapat di pemgaruhi dengan sebuah desain , semakin sulit desain yang di buat akan semakin meningkat harganya.

Namun dari semua desain yang sulit untuk di buat bukan berarti kubah tersebut harus mahal harganya. Karena dari pembua kubah masjid yang ada juga tergantung dengan ukurannya. Sebagai sarana u ntuk menetralisir harga yang sudah ada dari sebuah desain yang biasanya sulit untuk di buat dan yang akan di kerjakan. Banyaknya para pengrajin atau pengusaha kubah masjid yang bisa di lakukan pemesanan secara tidak langsung bertemu dalam satu tempat.

Semakin meningkatnya kesadaran kesadaran dari setiap individu yang ada di butuhkan juga tersedianya sarana tempat ibadah yang cukup memadai untuk melaksanaka ibadah berjamaah. Dan juga tentunya harus memiliki daya tarik yang berbeda dari yang lainnya agar para masyarakat ataupun para wisatawan yang singgah di masjid ersebut merasa senang.

Kubah masjid aluminium adalah kubah masjid panel yang terbuat darimbahan bahan dasar plat aluminium dengan ketebalan yang berbeda beda dan warna yang bermacam macam. Dari ulasan yang ada di atas . kubah masjid aliminium memiliki kelebihan yaitu tahan terhadap karat atau korosimdi bandingkan dengan bahan kubah yang lainnya. Juga dapa bertahan dalam jangka yang cukup panjang yakni hingga 30 tahun, biaya untuk perawatan kiubah masjid aluminium cukup rendah dalam segi pemeliharaan, sifat sifat bahan tersebut termasuk ringan, karakteristiknya aluminium berkemungkinan mempunyai kemampuan yakni dapat menutup luasnya area tanpa merasa terbebani kontruksi penyangga kubah masjid tersebut, yang terakhir adalah kubah ini di lengkapi dengan lapisan anti bocor sehingga potensi kebocoran sangat kecil.

Seperti halnya di masjid jogokariyan yang berdiri di tengah tengah kampung di ponggiran kota yogyakarta. Masjid yang di bangun pada tahun 1966 dan mulai di gunakan pada tahun 1967. Pada awal pembangguna masjid yang berawal dari tanah wakaf seoang peagang batik dari karangkajen yogyakarta, pada awal pembanggunan masjid hanya erdiri dari bangunan inti inti saja, dan berkembang pada tahun 2006,

Semoga bermanfaat ya…