Kubah Masjid Nur Astana

Kubah Masjid Nur Astana merupakan masjid yang di bangun dengan kerjasama dari sebuah pemerintahan Kazakhstan dan juga sesama pemerintahan yang berasal dari Qatar. masjid nur astana memiliki tanah seluas 4000 m2 yang juga merupakan masjid yang terbesar di Kazakhstan dan juga yang sangat menarik adalah masjid ini adalah masjid yang terbesar kedua di asia tengah, masjid nur astana dapat menampung para jamaah sebanyak 5000 para jamaah .

SEJARAH KUBAH MASJID NUR ASTANA

Masjid nur astana di bangun pada tahun 2005 dan masjid ini telah selesai total di bangun dalam tahun 2008 dan sebuah pengelolaan yang dilakukan oleh spiritual association of muslim yang berada di Kazakhstan, masjid nur astana di bangun menggunakan batu granit dan juga beton sehingga masjid ini terlihat sangat kokoh dan juga kuat .

Banyak kemegahan yang dapat di lihat dari masjid nur astana, salah satunya adalah masjid ini memiliki bangunan kubah yang dilapisi dengan emas sehingga jIka kubah terkena sinar matahari akan terlihat menyilau dengan warna yang sangat indah, dilengkapi dengan menara menara yang berjumlah empat menara yang memiliki tinggi dengan ketinggian 63 meter dengan juga pilar pilar yang berjumlah delapan pilar yang berukuran sangat besar dan yang indah adalah pilar pilar tersebut di hiaskan dengan tulisan tulisan kaligrafi yang sangat indah dan serta dengan pemandangan yang sangat mempesona.

Masjid nur astana memiliki tingkat 2 di mana pada tingkat yang kedua adalah tempat para jamaah putri  dan pada lantai bawah atau lantai satu adalah tempat untuk para jamaah putra . dalam pembangunan sangat diperhatikan karena agar menciptakan kawasan ibadah yang dapat membuat para jamaah merasa nyaman dan dapat khusyuk ketika berlangsungnya Sholat berjamaah.

KONDISI KUBAH MASJID NUR ASTANA

Tinggi dari bangunan masjid nur astana memiliki tinggi 40 meter sedangkan untuk menara masjid nur astana mencapai 63 meter yang di mana maksud dari tinggi 63 meter adalah menyimbolkan dengan usia Nabi Muhammad SAW, sampai beliau wafat. Jika anda berkunjung ke masjid nur astana anda akan disuguhkan dengan keindahan  dalam masjid nur astana , para pengunjung akan di kagetkan dengan kemegahan dan juga keindahan  masjid nur astana yang bernuansakan modern yang didominasi dengan warna putih serta juga dilengkapi dengan lampu lampu gantung  yang berukuran sangat besar .

Masjid nur astana memiliki tempat parker yang sangat luas sehingga siapapun yang berkunjung ke masjid nur astana dapat mudah untuk parkir kendaraan pribadinya , hal yang sangat menarik adalah di masjid nur astana memiliki kiswah atau yang bisa disebut kain penutup Ka’bah yang sampai saat ini masih disimpan dan dirawat baik baik satu hal lagi yang perlu di ketahui bahwa masjid nur astana merupakan masjid pemberian dari pemerintahan Qatar yang pada saat itu sesuai dengan kesepakatan yang dibuat oleh kedua Presiden Qatar dan juga Kazakhstan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *