Kubah Masjid Nabawi

Kubah Masjid  Nabawi merupakan sebuah masjid yang didirikan oleh Nabi Muhammad yang juga dibantu oleh para sahabatnya beserta kaum muslimin , masjid nabawi berada di  pusat kota madinah , Arab Saudi. Masjid nabawi adalah masjid terbesar di dunia selai itu  dibuka untuk umum setiap hari , masjid ini dulunya bekas dari rumah Nabi Muhammad ketika beliau hijrah ke madinah. Sebelumnya masjid  ini dibangun tanpa atap dengan ukuran 50  kali 50 meter. Setelah Rasullullah wafat masjid diperbaiki dan diperluas. Keadaan dari masjid nabawi sangat berubah seperti keadaan sebelumnya , karena  sudah mengalami banyak renovasi. Dengan letak masjid nabawi yang strategis membuat banyak unuk mengunjunginya  , yaitu berada di tengah – tengah kota madinah selain itu masjid ini dikelilingi dengan hotel dan pasar – pasar. Bagi orang – orang  yang sudah pernah berhaji mungkin telah mengetahui keberadaan masjid ini karena tempat ini merupakan tujuan utama bagi jamaah haji. Untuk semua sobat ku yang belum berhaji saya do’akan agar bisa segera mengunjungi masjid nabawi , amiin.

Salah satu ciri khas dari masjid nabawi itu sendiri adalah kubahnya yang berwarna hijau.  Dulu kubah masjid itu belum ada hingga pada abad ke -7 . Dan setelah itu dibangun sebuah kubah dan dicat berwarna kayu kemudian putih , biru dan berwarna hijau . warna hijau inilah yang digunakan sampai saat ini. Perluasan untuk masjid nabawi sampai saat ini mencapai 100.000 meter persegi. Untuk lantai atas mencapai 67.000 meter persegi , sedangkan pelatarannya mencapai 135.000 meter persegi. Bagaimana sobat semua , luas bukan masjid nabawi itu? luas tentunya.

Kubah Geser Masjid Nabawi

Apakah sobat semua pernah ke masjid nabawi ?  Kalau sudah pergi ke masjid nabawi tentunya sobat semua akan menemukan ataupun bisa melihat langsung kubah geser dan payung. Jikalau belum semoga saja sobat dapat kesempatan untuk mengunjungi kubah masjid nabawi yang indah nan mewah. Kubah masjid yang berada di masjid nabawi menggunakan teknologi yang dapat bergeser untuk dibuka dan ditutup atau dalam bahasa inggrisnya “sliding dome”. Jumlah kubah yang ada di masjid nabawi berjumlah 27 kubah yang dapat bergeser, serta ada 105 payung elektronik yang berguna untuk memayungi pelataran di sekitar masjid nabawi. Untuk mengendalikan kubah dan payung elektronik semuanya menggunakan jaringan computer yang canggih. Selain itu material yang digunakan untuk membangun kubah terbuat dari kandungan serat gelas dan resin yang kemudian disatukan. Masing – masing kubah dilpisi dengan 6 kilo emas murni yang ditambahkan dengan taburan permata. Kubah geser ini dibuat untuk mengatur udra dalam masjid , kubah ini dapat dibuka maupun ditutup selayaknya sebuah jendela. Kubah geser ini dibuat menggunakan material khusus seperti baja ringan dan material yang tersusun dari serat gelas yang kemudian disatukan. Selain kubah ada juga payung raksasa , Teknologi payung raksasa yang berada di masjid nabawi merupakan hasil kerjasama perusahaan jerman dan jepang. Dalam pembuatan proyek ini berbagai pihak ikut terlibat seperti , menteri perekonomian arab Saudi dan masih banyak lagi. Material dalam pembuatan proyek payung besar ini didesain khusus unuk menahan sinar matahari yang bersuhu 45 derajat celcius. Payung raksasa ini memiliki tinggi 20 meter dan memerlukan waktu 3 menit untuk terbuka sempurna.  Payung raksasa ini tidak berfungsi sebagai penutup dari terik matahari tetapi dapat berfungsi sebagai penyejuk saat siang hari karena pada tiang payung tersebut terdapat kipas angin. Namun disaat musim dingin payung raksasa ini jarang dibuka, paying ini sendiri terbuka setiap dan tutup menjelang azan magrib. Sedangkan paying ada didalam masjid dibuka mulai jam 11.00 siang dan akan ditutup kembali jam 06.30 pagi. Tentu saja jam ini jam menurut waktu di madinah ya sobat.