Kubah Masjid Minimalis

contoh desain masjid minimalis

Masjid adalah tempat untuk beribadah kaum muslim. Untuk mendesain sebuah masjid harus memperhatikan beberapa hal, yaitu dalam sisi keindahannya harus menampilkan corak dari agama islam itu sendiri tentunya. Saat ini banyak orang yang berlomba-lomba untuk membangun masjid maupun musholla agar banyak orang yang mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kubah sendiri sebenarnya bukan warisan murni dari agama islam melainkan kubah pada zaman dahulu juga digunakan sebagai hiasan eksterior bangunan gedung dan tempat peribadatan orang non muslim juga menggunakan kubah.

Desain Kubah Minimalis

Sebelum membuat kubah hal yang perlu diperhatikan untuk mendesain kubah masjid minimalis ini adalah bahan yang akan digunakan dalam pembuatannya. Selanjutnya dalam mendesain kubah, khususnya kubah masjid harus memperhatikan perpaduan warna yang akan digunakan, apabila warna yang dipadukan tidak sesuai maka kubah yang akan dihasilkan juga kurang enak untuk dipandang. Karena kubah merupakan ornament puncak pada bangunan masjid, oleh sebab itu kubah dibuat semenarik mungkin agar orang yang melihatnya terpukau. Model dari kubah sendiri bermacam-macam ada yang berbentuk limas, setengah ingkaran serta segitiga. Beragamnya model dari kubah masjid disebabkan oleh akulturasi dari arsitektur masjid di timur tengah. Bentuk dari kubah saat ini tidak lepas dari berkembangnya ilmu arsitektur islam yang ada di seluruh dunia. Selain itu kubah juga dijadikan sebagai symbol atau cirri khas pada bangunan masjid. Banyak sekali factor yang mempengaruhi variasi dari bentuk kubah, namun yang paling mempengaruhi variasi bentuk kubah adalah cirriĀ  khas dari suatu daerah itu sendiri. Setiap wilayah tentunya memiliki cirri khas tersendiri, bukan? Oleh sebab itu bangunan yang berdiri di daerah tersebut memiliki keeunikan tersendiri. Jenis kubah juga menggambarkan waktu pembuatannya, karena setiap periode tentunya memilikiĀ  cirri dari suatu bangunan yang berbeda-beda. Factor lain yang mempengaruhi bentuk kubah yaitu kualitas dari bahan yang digunakan serta jenis bahannya juga dapat mempengaruhi bentuk kubah yang akan dihasilkan. Bahan untuk pembuatan kubah juga bermacam- macam. Salah satunya adalah kubah berbahan panel, kubah panel sendiri memiliki gabungan motif warna yang begitu indah dan dengan keindahannya tersebut bisa menambah nilai estetiks dari kubah tersebut.

Arsitektur Dari Masjid Minimalis

Masjid minimalis juga memiliki kelebihan sebagai pengoptimasi ruangan, hal ini yang membuat orang lebih suka dengan desain minimalis. Meskipun ukuran dari bangunan tidak begitu luas namun dengan menggunakan desain minimalis ini bisa membantu mengoptimal ruangan. Arsitektur masjid pada zaman Rasullullah juga bisa digolongkan ke dalam desain masjid yang minimalis hanya sebatas berada di tanah lapang dan dibuat pembatas dikiri kanannya, dan pada saat itu kubah juga belum digunakan. Sedangkan arsitektur pada zaman sekarang sudah mengikuti perkembangan zaman. Tempat yang minim atau tidak begitu luas pun bisa dijadikan sebagai masjid. Tetapi biasanya orang menyebutnya sebagai musholla. Meskipun bangunan musholla juga membutuhkan sebuah kubah yang nantinya kubah tersebut digunakan sebagai penanda dengan adanya tempat beribadah tersebut atau musholla tersebut. Selain digunakan untuk penanada musholla juga berfungsi selayaknya bangunan masjid seperti digunakan untuk kegiatan pengajian. Ornament untuk masjid minimalis biasanya juga lengkap karena dengan kelengkapan fasilitas yang diberikan akan membuat orang yang beribadah didalamnya khusuk dalam menjalankan ibadahnya. Desain masjid minimalis ini biasanya diterapkan di daerah atau di tempat yang minim akan tanah yang akan digunakan untuk membangun sebuah masjid.