Kubah Masjid Kediri

Sebuah bangunan yang megah dan terbesar yang ada  di kota kediri yakni masjid agung kediri. Di deduaikan dengan status yang di miliki yaitu sebagai masjid agung untuk kota kediri. Kubah masjid kediri yang sangat kokoh ini terletak di depan alun alun kota kediri. Bila anda tau bahwa dari kejauhan anda dapat melihat sebuah menara yang menjulang tinggi dan di lengkapi dengan sebuah kubah masjid berwarna hijau yang berada di atas masjid. Dari masa pembangunan masjid kediri sampai terselesaikan pada tahun 2006 silam. Kubah masjid kediri memiliki tiga lantai yang di lengkapi dengan bermacam macam corak design dan tanpa harus menghilangkan suatu identitas asli dari masjid nusantara.

Masjid agung kediri sudah di lengkapi dengan lantai basemen yang berguna sebagai area tempat untuk berwudhu, tak lupa dengan sebuah kamar mandi dan juga tempat parkir untuk para jamaah yang sedang berkunjung dan melaksanakan sholat berjamaah di masjid agung kediri. Terdapat ruangan serbaguna yant terletak di lantai dasar yang juga dapat di gunakan untuk moment moment keagamaan. Sementara juga terdapat sebuah ruangan untuk melakukanprosesi ijab pobul dan acara pernikahan dan untuk melaksanakan sholat berjamaah terletak pada lantai dua dan lantai tiga.

Tak lupa dengan sebuah menara yang melengkapi sebuah bangunan masjid dimana menara tersebut berdiri kokoh di sebelah tenggara masjid yang juga dipergunakan untuk sebuah karakteristik masjid kediri. Di lengkapi dengan adanya perpustakaan yang berada di sebelah selatan masjid. Di bangun juga anak tangga yang berada di depan masjid dan menghadap ke jalan raya P. Sudirman untuk akses utama para jamaah yang akan masuk ke ruang utama  masjid kediri.

Berderet deret sebuah pilar pilar yang terbuat dari bahan beton yang memiliki ukuran besar dan sangat tinggi sebagai dominasi tampilan pada luar masjid agung kediri. Pilar pilar yang di kenal sebagai ciri khas sebuah bangunan yang memiliki gaya eropa. Dan salah satu ciri khas masjid agung kediri yang sudah melekat pada bangunan masjid ini adalah struktur atap masjid yang berupa atap joglo yang memiliki tiga susun.

Kubah enamel

Kubah masjid enamel adalah salahsatu kubah yang sedang banyak di gemari oleh para masyarakat. Meskipun tidak ada kewajiban untuk membuat masjid dengan kubah banah enamel. Di sisi lain meskipun karena bentuk kotak ataupun belah ketupat yang menyusun bangunan sebuah kubah , kubah masjid enamel memiliki corak motif perpaduan warna yang sangat banyak yang di gunakan sebagai nilai estetik dari kubah masjid itu sendiri.

Kubah bahan enamel memiliki bahan dasr yang biasanya di gunakan untuk pembatan kubah yakni plat zincalume atau yang biasanya di sebut galvalum dan yang satunya adalah plat baja low carbon yang selanjutnya akan di lapisi dengan enamel .

Kubah enamel memiliki beberapa kelebihan dengan lapisan enamel yakni ketajaman dan kecerahan warna yang tahan lama bahkan sampai 20 tahun

Di bandingka dengan kubah yang lainnya memiliki kelebihan kelebihan tersendiri yaitu:

Lebih ringan sehingga dalam hal pemasangan tidak membutuhkan sebuah pondasi yang ekstra kuat, dalam hal resiko pada saat terjadinya bencana alam yang  biasanya terjadi gempa akan memliki resiko kerusakan yang relatif lebih kecil, terjadinya kebocoran jauh lebih kecil di bandingkan dengan kubah yang lainnya, jenis kubah ini memiliki keindahan warna yang tajam dan relatif bertahn lama dan yang terakhir adalah harga kubah enamel terjangkau di banding yang lainnya