Kubah masjid bahan enamel

Assalamualaikum,
Hayyy kawan, bagaimana kabar kawan semua? Semoga kita semua slalu diberi limpahan rahmat dari Allah SWT,amiin.
Sebelum membahas lebih lanjut tentang kubah masjid bahan enamel, Apakah kawan semua tahu apa itu bahan enamel? Bahan enamel merupakan bahan yang terbuat dari paduan kaca, enamel biasa disebut juga porselen.
Apakah kawan semua masih belum tahu apa itu bahan enamel? Jika belum tahu, kawan semua bisa membedakannya dari karateristik Bahan enamel, yaitu:
Bahan enamel memliki permukaan yang keras dan halus, selain itu juga tidak memiliki pori – pori sehingga kawan semua mudah untuk membersikannya.
Tanpa adanya pori – pori pada bahan enamel, sehingga tidak ada ruang untuk bakteri berkembang seperti lumut dan ganggang.
Kubah masjid ada yang terbuat dari kubah enamel dan kubah beton, masing-masing material kubah tersebut ada pula keunggulannya. Beban kubah enamel lebih ringan daripada kubah beton, kalau dilihat dari segi warna kubah enamel bisa tahan lama sedangkan kubah beton harus di cat setiap tahunnya. Mengapa bisa demikian? Karena kubah enamel memiliki daya rekat yang fleksibel, sedangkan material beton mudah luntur catnya apabila terlau lama terkena paparan sinar matahari maupun hujan.
Selain itu kubah enamel anti bocor sedangkan kubah beton rawan retak sehingga mudah bocor. Bahan enamel memiliki beberapa kelebihan seperti, Tahan terhadap karat , tahan terhadap panas,dan daya rekat untuk cat cukup kuat.
Kubah masjid yang berbahan dasar beton sudah sering dikenal dengan ketahanannya, karena beton sangat kuat terhadap air dan api. Tetapi dengan keuntungan yang diberikan harga dari kubah beton juga mahal. Selain itu kubah beton beresiko tinggi saat terjadi gempa bumi yang dapat mengakibatkan keruntuhan.

Sedangkan kubah enamel resiko kerusakannya tidak terlalu tinggi saat terjadi gempa. Harga yang diberikan untuk kubah jenis ini beragam mulai dari yang murah sampai yang harganya mahal semua itu sesuai dengan spesifikasi yang diberika .
Model kubah enamel beragam lo kawan ada yang berbentuk umbi/berumbi , setengah lingkaran , dan ada juga kubah yang sering dipakai untuk masjid – masjid besar yaitu kubah bawang.
Setiap orang pasti ingin mempunyai masjid yang bagus , selain bagus tetapi juga indah bukan. Semua itu harus didukung dengan material yang digunakan , Disamping itu semua orang juga ingin agar masjidnya terlihat bersih dan rapi , agar orangyang beribadh di dalamnya meras nyaman dan tentunya khusu’ saat beribadah.
Apabila kawan semua menginginkan bahan kubah masjid yang mudah dibersikan ada bagusnya kawan semua memakai bahan enamel , Mengapa harus bahan enamel ? Karena dengan bahan enamel kita bisa membersihkannya dengan cara mudah tanpa harus kita naik ke atas kubah untuk membersihkannya , kawan semua cukup duduk saja segala kotoran yang menempel akan terhapus dengan sendirinya. Dengan cara apa ? yaitu dengan bantuan hujan semua masalah tersebut bisa dihadapi  Cukup mudah bukan.
Kualitas yang diberikan kubah bahan enamel tentunya juga mempengaruhi harga dari kubah itu sendiri. Harganya pun juga berfariasi mulai dari 1.000.000 hingga 2.400.000 per meternya kawan , itu semua tergantung dengan model kubah yang kawan pilih. Ketebalan dari bahan enamel berbeda – beda tergantung luas media per panelnya kawan , mulai dari 0,7 mm hingga 1,2 mm.
Sekian dulu kawan informasi mengenai kubah bahan enamel , semoga dengan info dari saya dapat membantu kawan semua dalam memilih bahan yang akan digunakan untuk membuat kubah. Semoga bermanfaat ya , bagi kawan semua.
Wassalamualaikum,