kontraktor kubah masjid surabaya

Assalamualaikum,
Haloooo , sobat – sobatku semua…! Bagaimana kabar kalian semua ? Apakah baik – baik saja. Semoga kalian semua selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi reverensi mengenai kubah masjid.
Pada dasarnya kubah dianggap warisan asli agama islam , tetapi sebenarnya kubah bukan hanya digunakan pada bangunan masjid saja kubah juga digunakan pada bangunan non muslim. Gaya dan bentuk kubah bervariasi ada yang berbentuk setengah oval , elips dan juga ada yang berbentuk seperti bawang. Setiap daerah memiliki bentuk bentuk kubah yang berbeda – beda.
Sebelum adanya kubah masjid hanya berbentuk segi empat dengan dinding sebagai pembatasnya. Seiring dengan berkembngnya jaman kubah mulai muncul dan digunakan sebagai penutup bangunan masjid. Kubah berasal dari bahasa yunani yaitu ‘cupola’ yang artinya rumah tuhan , dan kubah sendiri sudah ada sejak zaman yunani.
Hampir semua kebudayaan di dunia mengenal dan bahkan ada juga yang menggunakan kubah sebagai ornament tambahan dalam sebuah bangunan. Dari masa ke masa bentuk kubah berubah – ubah. Pada saat ini Kubah sudah dianggap sebagai ciri khas dari bangunan masjid. Meskipun dalam sebuah masjid tidak diharuskan menggunakan kubah tetapi , jika hal tersebut tidak dikerjakan akan menjadi satu hal yang terlupakan dalam pembangunan sebuah masjid. Karena dengan adanya kubah pada suatu masjid , maka hal tersebut akan dijadikan icon atau pun ciri khas yang digunakan seseorang sebagai penanda berdirinya masjid pada suatu daerah.
Di sisi lain kubah juga digunakan seseorang dalam perjalan sebagai penanda berdirinya suatu masjid , semakin besar dan indah kubah yang dibangun maka seseorang semakin yakin bahwa di tempat tersebut berdiri sebuah masjid. Selain itu kubah memiliki fungsi sebagai penanda arah kiblat. Kubah sendiri memiliki berbaagai jenis bahan yang digunakan dalam pembuatannya.
Salah satunya adalah kubah dari bahan panel , kubah panel sendiri memiliki paduan motif warna yang sangat bagus yang dapat menambah nilai estetikdari kubah itu sendiri. Dalam pembuatan kubah panel biasanya menggunakan plat zincalume atau biasanya sobat sebut dengan gavalum , selain itu menggunakan plat baja low carbon atau biasanya disebut kubah enamel.

Gavalum merupakan logam campuran antara aluminium dan seng sehingga bahan gavalum sendiri ringan dan tahan terhadap karat , sedangkan enamel terbuat dari paduan kaca yang dileburkan di atas lempengan besi – baja pada oven dengan temperatur yang tinggi. Kelebihan kubah dengan lapisan enamel adalah ketajaman dari warna yang bisa bertahan dengan lama bahan hingga berpuluh – puluhan tahun.
Kelebihn yang dimiliki kubah panel sendiri , yaitu :
• Kubah dari bahan enamel lebih ringan , sehingga dibutuhkan pondasi yang sangat kuat.
• Resiko yang akan ditimbulkan ketika terjadi bencana gempa bumi tidak sangat besar.
• Potensi untuk bocor sangatlah kecil.
• Kubah dengan bahan ini lebih indah , apabila dipadukan dengan warna yang tajam dan relative tahan lama.
Selain itu pembuatan kubah juga bisa menggunakan beton. Ubah yang terbuat dari bahan beton terkenal dengan kekokohhannya an juga kekkuatannya. Akan tetapi pembuatan kubah dengan bahan beton memerlukan dana yang cukup menguras isi dompet , mengapa bahan beton sangat mahal ? karena bangunan yang menggunakan beton akan memerlukan pondasi yang kuat , sehingga dibutuhkan material pendukungnya agar menambah kekuatannya maupun kekokohannya. Selain itu kubah beton sangat rentan terjadi kerusakan apabila terjadi gempa dan kubah beton mudah terjadi kebocoran.
Cukup sekian referensi mengenai kontraktor kubah masjid , mohon maaf apabila ada kekeliruan maupun ada yang kurang sempurna karena kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT semata.
wassalamualaikum