Kontraktor Kubah Masjid Kediri

Indonesia merupakan negara yang mayoritasnya memeluk agama islam, maka dari itu banyak sekali bangunan masjid yang dibuat untuk muslim melakukan ibadah. Dan untuk setiap bangunan masjid di tiap tiap daerah akan memiliki ciri khas tersendiri sesuai adat di daerah tersebut. Di Indonesia ini merupakan negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama islam. Banyak sekali daerah daerah di Indonesia ini yang juga memeluk agama islam, seperti halnya daerah kediri ini yang mayoritas penduduknya beragama islam.

Setiap daerah yang ada umat muslimnya tentu ada bangunan masjid atau pun mushollanya. Dan bangunan masjid dan juga musholla itu ada yang memakai kubah masjid. Untuk itu dibutuhkan jasa kontraktor kubah, saat ini jasa kontraktor telah ada di berbagai daerah salah satunya kontraktor kubah masjid kediri ini. Bukan hanya jasa kontraktor saja ketika membangun masjid atau musholla yang memakai kubah juga peranan pembuat kubah masjid juga dibutuhkan juga.  Salah satunya masjid yang berada di kota kediri ini adalah Masjid Agung kediri yang merupakan masjid terbesar dan juga termegah yang berada di kota kediri.

Masjid Agung Kediri

Masjid Agung Kediri ini berada di kota kediri tepatnya berada di depan alun alun kediri dan ada di sebelah timur sungai berantas serta berada juga di persimpangan jalan dari jurusan surabaya dan juga tulungagung. Apabila berada sudah dekat masjid ini akan terlihat sebuah kubah masjid berwarna hijau dan juga menara menara yang begitu tinggi. Masjid ini dibangun dengan 3 lantai yang memadukan arsitektur dari masjid yang berada di dunia tetapi tidak meninggalkan arsitektur dari masjid nusantara.

Di Masjid Agung Kediri ini juga dilengkapi dengan lantai basemen yang memiliki fungsi untuk area tempat wudhu, kamar mandi dan juga untuk area parkir juga. Untuk lantai dasar Masjid Agung Kediri ini merupakan ruangan serba guna karena biasanya dipakai untuk acara keagamaan dan juga digunakan untuk prosesi ijab qobul dan juga digunakan untuk kegiatan lainnya. Sedangkan untuk lantai kedua dan tiga digunakan untuk ruang melaksanakan sholat berjamaah. Masjid Agung Kediri  ini memiliki keunikan yang terletak pada bagian kubahnya yang memiliki tiga tumpukan apabila diliat dari ketinggian akan membentuk bintang delapan.

Jejeran pilar pilar yang terbuat dari beton juga mendominasi sisi luar Masjid Agung Kediri, jejeran dari pilar pilar ini juga merupakan gaya arsitektur eropa, namun arsitektur di Masjid Agung Kediri ini tidak meninggalkan khas nusantaranya yang dapat diliat pada bagian atap joglonya yang bersusun tiga.

Bentuk atap tumpang ini juga dapat ditemukan di masjid said naum Jakarta Pusat, segi delapan ini juga merupakan simbol dari dunia islam, dan juga sekaligus simbol dari mata angin yang mengisyaratkan apabila agama islam ini menebarkan rahmat untuk seluruh alam. Di bagian puncak atap tumpang ini ada kubah besar yang berwarna hijau selain itu juga dilengkapi dengan pilar pilar yang tinggi yang menambah kesan megah di Masjid Agung Kediri  ini.

Sentuhan arsitektur bergaya usmaniyah juga begitu terlihat di bagian interior Masjid Agung Kediri yang mana ketika melihat tembok masjid ini dan juga jendela jendela yang tinggi dan juga berukuran besar. Selain itu juga ada mimbar kayu yang memiliki ukiran yang sangat indah, serta ada juga mihrab yang dihiasi dengan ukiran kaligrafi yang begitu khas pada Masjid Agung Kediri ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *