Jual Kubah Masjid di Banten

Provinsi banten yaitu satu diantaranya provinsi yang ada di pulau jawa, negara indonesia. Di provinsi banten sendiri ada banyak bangunan masjid serta dari setiap masjid itu menggunakan bangunan kubah masjid. untuk jaman sekarang ini banyak orang yang jual kubah seperti orang yang jual kubah masjid di banten ini, sesungguhnya banyak juga orang yang jual kubah di beberapa daerah. namun dengan mengembangnya tehnologi ada pula orang yang jual kubah dengan on-line juga.

Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten ini merupakan salah satunya masjid yang berada di banten yang rancangan bangunannya dibuat oleh 3 seorang arsitek. Arsitek yang pertama yakni raden sepat, beliau merupakan arsitek dari majapahit yang juga yang telah merancang masjid agung demak serta masjid lain lainnya. Arsitek yang kedua yakni arsitek yang berasal dari negara cina yang bernama cek ban su yang merancang pada bagian atap masjid yang memiliki susun 5 yang mirip dengan pagoda yang berada di cina.

Serta arsitek yang ketiga yakni arsitek yang berasal dari belanda yakni hendrik lucaz cardeel, beliau merupakan warga negara belanda yang kabur dari batavia ke banten pada saat pemerintahan sultan haji. hendrik lucaz cardeel ini juga memiliki gelar yakni pangeran wiraguna.Masjid Agung Banten ini juga merupakan masjid yang tertua di indonesia.

Arsitektur Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten ini memiliki 6 pintu masuk masuk yang melambangkan rukun iman dan ukuran dari pintu masuk ini sengaja dibuat pendek agar orang yang masuk ke dala masjid ini akan merunduk sebagai simbol ketundukan kepada Allah SWT. Selain itu ada tiang yang berjumlah 24 sebagai simbol dari jumlah waktu dalam satu hari yakni 24 jam. Di bagian atap masjid ini dibuat dalam model tumpuk 5 dan pada sekitaran abad ke 17 diubah menjadi tumpuk 3.

Sekain itu banguanan yang menarik di masjid yakni pada bagian menaranya yang berbentuk segi 8 yang ada di timur, menra ini memiliki tinggi 24 meter yang dulunya digunakan untuk menara pandang atau pengamat ke pantai lepas serta dipakai untuk tempat menyimpan senjata dari pasukan banten. Untuk bisa ada di bagian atas menara harus melewati 83 anak tangga dan juga lorong lorong yang dapat dilewati oleh satu persatu orang. Di atas menara akan dapat melihat pantai yang lepas yang sangat luas.

Di bagian selatan ada bangunan yang bermodel rumah belanda yang disebut dengan tiyamah yang dirancang oleh arsitek dari belanda yakni hendrik lucasz cardeel atau pangeran wiraguna, dulunya bangunan ini dipakai untuk tempat pertemuan penting namun saat ini dipakai untuk museum benda benda peninggalan yang memiliki sejarah, khususnya yaitu alat untuk perang.

Arsitektur lainnya dari bangunan Masjid Agung Banten ini yaitu adanya umpat dari sebuah batu andesit yang memiliki bentuk labu yang ukurannya sangat besar, dan untuk umpak paling besarnya berada di empat tiang saka guru yang adadi tengah tengah ruangan untuk melakukan sholat. Selain itu sama dengan masjid lainnya di Masjid Agung Banten ini ada juga mimbar untuk khotbah yang besar dan juga antik.

Di Masjid Agung Banten ada juga pendopo dan juga ada kolam untuk berwudhu yang berkarateristik dari pulau jawa pada umumnya. Pendopo ini dibangun memakai umpak batu dengan teknik kontruksi yang tradisional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *