harga kubah masjid

Assalamualaikum,
Halooo sobatku semua bagaimana hari – hari anda ? baik bukan , jika belum baik anda perlu mengevaluasi diri anda , agar berubah menjadi baik. Jika saja masih belum baik berarti anda kurang dalam hal beibadah , gimanaaa?
Pada saat ini masjid di semua daerah hingga pelosok negri sudah hampir ada semua , dan masjid tersebut sudah termasuk masjid yang modern. Seiring dengan berkembangannya teknologi membuat ornament – ornament yang ada di masjid menarik perhatian mata orang yang melihatnya. Bahkan ada juga yang mengabadikan gambar masjid yang indah.
Mungkin hal pertama yang anda bayangkan adalah harga masjid tersebut untuk menjadi bagus sangat mahal! Tentu saja bisa dibilang ya dan bisa dibilang tidak. Karena harga daari kubah masjid itu berbeda – beda tergantung bahan yang digunakannya. Secara umum harga dari kubah masjid bervariasi mulai harga 1,3 juta hingga 3,4 juta. Apabila anda ingin memberikan warna yang bagus. Tentu saja anda harus menambah biaya yang akan dikeluarkan.
Selain warna dan bahan yang digunakan kubah masjid biasanya ditambahkn dengan motif seperti motif awan , motif asmaul husna , maupun motif polosan. Harga dari motif tersebut beragam mulai 500 ribu hingga 700 ribuan.
Berikut macam – macam yang bahan yang akan digunakan dalam pembuatan kubah beserta harganya :
1. Kubah dengan bahan enamel
Kubah dengan bahan panel merupakan kubah yang trend digunakan. Mengapa banyak yang menggunakan kubah dengan bahan dari panel ? karena kubah dengan bahan ini sangat sedikit resikonya untuk bocor pada saat hujan. Selain itu , Harga kubah masjid enamel sendiri lebih mahal daripada kubah masjid berbahan stainleesteel dan gavalum. Ketebalan yang dimiliki lebih tebal dua kali lipat dari stainleesteel dan gavalum. Harga yang dipatok untuk kubah enamel mulai dari 1,3 juta sampai 2, juta. Dan harga tersebut sudah pas lah ya untuk fasilitas maupun kelebihan dari bahan enamel sendiri.

2. Kubah dengan bahan Glassfibre Reinforced Coment (GRC)
Pada saat ini mulai ada bahan dari pembuatan kubah yang sering diperbincangkan yaitu Glassfibre Reinforced Coment atau biasa disebut GRC. GRC sendiri terbukti dengan kekuatannya , selain itu GRC ringan , tahan air , dan juga tidak mudah pecah.
Harga pasaran GRC juga beragam tergantung dengan ketebalannya. Mulai dari 850.000 hingga 1.200.000 per meternya. Apabila kubah yang akan dibangun besar , maka material yang dibutuhkan juga banyak dan biaya yang dibutuhkan semakin besar. Jadi sebelum sobat semua ingin membeli kubah pastikan sobat semua telah memiliki dananya ya! Selain digunakan dalam pembuatan kubah bahan GRC juga digunakan untuk pembuatan menara dan ornament lainnya yang bersifat interior dan eksterior.
3. Kubah dengan bahan gavalum
Kubah dengan bahan gavalum merupakan bahan material kubah yang telah di uji coba oleh para lembaga penelitian dan hasilnya lulus uji coba. Harga dari gavalum sendiri bervariasi mulai 1.000.000 hingga 1.600.000 per meternya. Gavalum memiliki kelebihan tersendiri , yaitu bebannya yang ringan , tahan terhadap karat , dan yang paling penting bahan gavalum itu kuat. Selain itu gavalum juga cocok untuk tempat yang biasa terjadi gempa.
Bagaimana sobat , sudah terpikir belum untuk membeli bahan seperti apa ? pastikan juga sobat semua telah menyediakan dana maupun rancangan atau gambaran dari kubah yang sobat inginkan ya..! cukup sekian dan terima kasih
Wassalamualaikum,